Hosting gratis dengan Vercel

ByiniadnanblogHosting gratis dengan Vercel

hosting-gratis-dengan-vercel

Adnan Muttaqin

12 April 2024

Hosting gratis dengan Vercel

Saat belajar mendesain sebuah halaman website, atau belajar untuk menjadi Web Developer. Tentu saja hasil karya – karya saat latihan ingin kita perlihatkan kepada orang – orang. Karena itu adalah sebuah pencapaian progress belajar kita saat mempelajari hal tersebut.


Untuk mempublikasi sebuah karya halaman website tentu saja membutuhkan sebuah server, atau hosting. Dimana fungsi hosting tersebut adalah untuk menyimpan file – file yang telah dibuat, dan dapat diakses secara global.


Hosting tentu adalah suatu barang yang dibutuhkan oleh seorang Web Developer untuk membuat website tersebut bisa diakses secara global. Namun hosting tersebut tentu saja tidak gratis, karena pada dasarnya membutuhkan sebuah perangkat yang terhubung ke internet selama 24 jam tanpa henti.


Sebagai Web Developer baru dan masih tahap belajar tentu saja belum bisa begitu saja menyewa hosting, atau server untuk mempublikasi hasil karya desain website tersebut. Karena ini masih ditahap pembelajaran dan belum mendapatkan penghasilan untuk menyewa sebuah hosting atau server. Tetapi, disisi lain karya website desain kita ingin segera dipublikasi.


Tentu kita bisa langsung menyewa hosting, untuk menampilkan sederet karya yang telah dipelajari, agar orang - orang tahu bahwa kita mempunyai skill dalam bidan tersebut. Tentu itu tidak salah, dan dengan kata lain kita memang serius menekuni di bidang Frontend Developer misalnya-.


Oleh karena itu, bagaimana jika Saya memperkenalkan sebuah hosting gratis yang bernama Vercel. Apa itu Vercel? Layanan apa saja pada hosting Vercel, dan kenapa kita berkenalan dengan Vercel?


Kembali pada misi utama blog byiniadnan, berbagi catatan - catatan untuk Kamu yang sedang belajar menjadi Frontend Developer, maka sudah sangat tentu kita berkenalan dengan hosting gratis yang bernama Vercel.


Vercel adalah Frontend Cloud yang memberikan pengalaman dan infrastruktur web developer untuk membangun, menskalakan, dan mengamankan website yang lebih cepat dan lebih personal.


Dapat dikatakan bahwa Vercel adalah Cloud Hosting yang diperuntukan bagi Frontend Developer, untuk mempublikasi website – website-nya tanpa perlu konfigrasi yang rumit, dan menawarkan CI/CD yang membuat Web Developer sangat dimanjakan.


Vercel tidak sepenuhnya gratis, ada beberapa paket yang berbayar. Tetapi Kamu bisa memilih paket hosting gratis hanya untuk sekedar mempublikasi karya – karya belajar Kamu.


Tetapi saran saya, jika Kamu memiliki traffic website yang ramai, dan membutuhkan banyak service, seperti service keamanan dari DDOS atau service lainnya dari Vercel. Kamu bisa memilih paket hosting berbayar dari Vercel.


Anggap saja saat ini kamu yang masih belajar, dan hanya ingin membagikan hasil karya desain website yang sudah Kamu kerjakan, tentu saja hosting gratis dengan Vercel adalah pilihan yang terbaik. Karena halaman Kamu yang masih simple, dan tidak membutuhkan banyak resource, maka Vercel bisa meng-handle hal tersebut.



Layanan – Layanan Pada Hosting Vercel


Penyimpanan Instan

Vercel menawarkan penyimpanan file – file kode Kamu dalam bentuk yang instan, menyederhanakan proses pengiriman dan perubahan. Dengan deteksi otomatis atas pembaruan repositori git, para developer dapat dengan mudah menyimpan versi terbaru dari situs website atau aplikasi mereka hanya dengan sekali klik, menghemat waktu dan usaha dalam merawat website Kamu.


Jaringan Pengiriman Konten (CDN) Global

Dijalankan dengan CDN global, Vercel menjamin waktu pemuatan yang sangat cepat untuk situs website dan aplikasi yang Kamu hosting di Vercel. Infrastruktur global ini mempercepat pengiriman konten, menyediakan pengguna di seluruh dunia dengan pengalaman penjelajahan yang lancar dan responsif.


Domain Kustom

Dengan Vercel, para web developer dapat dengan mudah melakukan konfigruasi domain kustom untuk situs website atau aplikasi mereka. Baik itu blog pribadi atau situs website bisnis, Vercel memungkinkan pengguna untuk mengaitkan nama domain yang mereka miliki.


Fungsi Tanpa Server

Vercel mendukung fungsi tanpa server, memungkinkan para web developer untuk membangun dan menyimpan fungsionalitas Backend tanpa mengelola infrastruktur server. Dengan arsitektur tanpa server, para web developer dapat fokus pada menulis kode kemudian Vercel menangani skalabilitas dan eksekusi, menyederhanakan pengembangan dan mengurangi beban operasional.


Variabel Lingkungan

Konfigurasi sensitif, seperti kunci API dan kredensial, dapat dikelola dengan aman menggunakan variabel lingkungan di Vercel. Ini memastikan bahwa informasi penting tetap terlindungi sambil memberikan cara yang nyaman bagi pengembang untuk mengonfigurasi aplikasi mereka. Hal ini yang dimaksud seperti file .env .


Kolaborasi dan Alur Kerja

Dengan dukungan untuk proyek kolaboratif, alur kerja CI/CD, dan berbagi lingkungan, Vercel mendorong kerja sama tim yang mulus di antara para web developer. Baik bekerja pada proyek kecil maupun aplikasi skala besar, Vercel menyediakan alat dan infrastruktur untuk kolaborasi yang efektif dan pengembangan yang efisien


Analitik dan Pemantauan

Vercel menyediakan analitik dan pemantauan bawaan untuk situs website dan aplikasi yang dihosting di Vercel. Para web developer dapat melacak metrik kinerja, memantau perilaku pengguna, dan mendapatkan wawasan tentang pola penggunaan aplikasi mereka.



Untuk artikel Hosting gratis dengan Vercel masih sebatas perkenalan saja terlebih dahulu, karena jika diteruskan akan sangat panjang, bagaimana cara menggunakan vercel untuk hosting gratis. Tenang, karena untuk artikel selanjutnya saya juga sudah menyipkan, untuk tutorial bagaimana cara menggunakan hosting vercel untuk project – project kecil kita..


Tetap nantikan untuk tutorial bagaimana cara menggunakan hosting vercel untuk project – project latihan Kamu, saya akan tetap terus berbagi catatan dalam dunia web development.



Kesimpulan

Vercel merupakan salah satu inovasi terdepan dalam dunia penyimpanan web atau web hosting, memanjakan para web developer dengan platform yang mulus dan efisien untuk hosting aplikasi website modern atau websit trandisional.


Dengan fitur-fitur seperti penyimpanan instan, CDN global, fungsi tanpa server, dan alat kolaborasi yang kuat, Vercel membantu para web developer untuk menuangkan kreativitas mereka tanpa perlu konfigurasi yang memakan banyak waktu.


Seiring dengan permintaan pengembangan web yang terus berkembang, Vercel tetap berada di garis depan, mendorong inovasi dan memungkinkan para web developer untuk berkembang dalam perkembangan web yang selalu berubah.



Penutup

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berguna bagi Kamu tentang hosting gratis, khususnya hosting dengan Vercel, salah satu penyedia hosting gratis yang menurut saya layanan yang diberikan tidak bisa diragukan. Jangan ragu untuk berbagi artikel ini dengan teman – teman Kamu, Terima kasih!

Cara Lengkap Menggunakan Tailwind CSS

Cara Lengkap Menggunakan Tailwind CSS

Untuk menggunakan Tailwind CSS Kamu bisa menggunakan versi CDN atau CLI. Dari kedua versi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, tetapi jika ingin menggunakan Tailwind CSS versi CLI maka, Kamu harus setidaknya sudah meng-install Node.js.

Hosting gratis dengan Vercel

Hosting gratis dengan Vercel

Vercel adalah Frontend Cloud yang memberikan pengalaman dan infrastruktur web developer untuk membangun, menskalakan, dan mengamankan website yang lebih cepat dan lebih personal.

Apa itu JAMstack dan Cara kerja JAMstack

Apa itu JAMstack dan Cara kerja JAMstack

JAMstack adalah singkatan dari JavaScript, API, dan Markup. Arsitektur pengembangan website modern yang menekankan pre-rendering dan penyajian file statis langsung dari Content Delivery Network (CDN).